Senin, 09 Oktober 2017

#BukuFilm 1: The Philosophy of Stanley Kubrick



Judul lengkap: The Philosophy of Stanley Kubrick (Philosophy of Popular Culture)
Tahun terbit: 2007
Penyunting: Jerold J. Abrams
Penerbit: The University Press of Kentucky
Tebal: 289 halaman (2.80 MB)
Bahasa: Inggris


Saya bukan pembuat film atau orang yang berkecimpung di bidang itu, tetapi boleh dong baca-baca buku serius hanya karena kepingin :-). Karena saya punya banyak koleksi buku studi dan analisis film, saya memutuskan untuk membuat seri #BukuFilm di blog ini, di mana Anda bisa membaca ringkasan buku bertema film dan mengunduh file-nya secara gratis. Semua file buku yang ada di sini memang tersedia secara gratis dan legal.

Sesuai judulnya, buku pertama yang saya bagikan ini adalah kumpulan tulisan bertema filosofi di balik film-film Stanley Kubrick. Sudah bukan rahasia lagi kalau karya-karya sutradara nyentrik (serta penyuka kucing) ini banyak menyentuh tema besar dalam kehidupan manusia. Cinta, perang, seks, kegilaan, teknologi, hingga pertanyaan eksistensial ketika manusia dihadapkan pada dunia yang berubah cepat atau bahkan tak berbelas kasihan adalah beberapa tema yang diungkit dalam film-film Kubrick.

Buku ini berisi empat belas esai yang dibagi ke dalam lima tema besar: The Subject at War, The Subject in Love, The Subject and Meaning of Life, The Subject of History, dan The Subject of the Future. Ada berbagai tema yang dibahas, mulai dari filosofi Stoikisme dan nihilisme yang banyak tercermin dalam film-filmnya, pertanyaan tentang moral dan pemikiran Nietzsche dalam Full Metal Jacket serta 2001: A Space Odyssey, etika eksistensial dalam Paths of Glory, hingga pertanyaan tentang takdir dan makna kehidupan dalam The Killing.

Minat? Langsung saja baca atau unduh ya.