Senin, 30 Oktober 2017

3 Film Horor Bertema Halloween (dan 2 Seri Film Pendek!)


Halloween adalah ladang panen untung berbagai studio lewat film-film horor, dan tentunya tema populer untuk beragam film horor (atau ada sentuhan horornya sedikit). Anda mungkin sudah pernah dengar atau bahkan menonton Halloween (1978), film horor-slasher John Carpenter yang bukan hanya memajang kata Halloween di judulnya, tetapi juga sukses mempopulerkan tokoh Michael Myers si pembunuh bertopeng putih dan berbaju montir.

Saya sendiri sebenarnya kurang begitu suka film-film yang secara gamblang memajang tema Halloween di judul atau premisnya, karena kesannya "gampang" sekali, dan akhirnya berujung pada film-film horor kelas B yang kesannya hanya dibuat setengah hati (bukan kelas B yang bagus!). Saya lebih pilih menonton film horor lain yang tidak bertema Halloween, tetapi seram. Tetapi, jagad internet membuat saya jadi kenal dengan beberapa film yang secara spesifik memajang tema Halloween yang lumayan bagus. Mungkin tidak membuat saya ngeri sampai tidak bisa tidur seperti setelah menonton Ju-On untuk pertama kali (suara Kayako kampret sekali, sungguh), tetapi memberi pengalaman menonton yang menyenangkan.

Berikut beberapa film tema Halloween yang sejauh ini saya sukai.

1. Trick 'r Treat (2007)


Menemukan film antologi lama garapan Michael Dougherty ini adalah kejutan menyenangkan. Antologi yang terdiri dari lima cerita ini menggabungkan horor, komedi, serta elemen-elemen dari dongeng dan mitos-mitos khas Halloween untuk membuat kumpulan kisah menggigit yang segar. Elemen penghubung dari kisah-kisah ini adalah Sam, makhluk misterius berwujud mirip anak kecil bertopeng karung goni dan berpiyama yang menyeret kantong permen. Sam akan muncul setiap kali ada karakter yang "merusak" tradisi Halloween, misalnya membereskan hiasan Halloween terlalu cepat, atau tidak memberi permen pada rombongan trick-o-treat. Walau promosinya tidak terlalu jor-joran dan hanya lewat beberapa penayangan publik terbatas, sambutannya cukup bagus. Jika Anda suka film Dougherty yang lebih baru, Krampus (2015), Anda juga akan suka ini.

2. Ginger Snaps (2000)


This is my ultimate cult favorite! Dulu ketika menemukan film ini di tempat sewa DVD, saya agak tidak yakin karena efek foto di sampulnya amit-amit murahannya, seperti film-film straight-to-DVD yang membosankan. Ternyata, film ini adalah gabungan antara body horror, kisah persaudaraan antar gadis-gadis yang terkucil serta terobsesi akan kematian, serta metafora cantik (yah, agak menjijikkan juga) tentang menstruasi dan tumbuh dewasa. Akting Katharine Isabelle sebagai Ginger pun top banget di sini; tidak salah jika dia dinobatkan sebagai ratu film horor indie. Tidak spesifik bertema Halloween walau ada adegan pesta kostum, tetapi ini film horor yang akan saya definisikan sebagai "scary-fun", sesuai semangat perayaan Halloween.

3. Tales of Halloween (2015)


Ulasan untuk proyek keroyokan 10 sutradara ini sedikit campur aduk, dan yang tidak suka menyebutnya sebagai "kurang mendalam, kurang gelap." Tales of Halloween memang berupa 10 film pendek yang digarap dengan anggaran relatif kecil, jadi memang susah mengharapkan sesuatu yang seramnya sampai membetot benak Anda. Tetapi, kesepuluh film pendek ini memberi kesenangan dengan porsi darah, komedi, dan kejutan yang cukup seimbang. Tema yang digarap adalah seputar trope horor populer, seperti sekumpulan bocah trick-or-treat dengan dendam terselubung, perjanjian dengan iblis, penyihir, mitos Halloween, dan sebagainya.



The Witching Season adalah antologi film pendek buatan kanal YouTube Witching Season Films, milik sineas Michael Ballif. Seri antologi ini dibuat dengan Halloween sebagai temanya, walau ada juga film-film pendek lain yang tema Halloween-nya tidak begitu kental. Klik judulnya untuk langsung menonton.



Horror Haiku adalah seri film pendek garapan kanal Seraph Films di YouTube. Seri ini unik karena setiap ceritanya dibuat berdasarkan sajak pendek alias haiku horor yang dikirimkan oleh penonton. Kru Seraph Films kemudian akan membuat film pendek berdasarkan haiku terpilih. Unsur partisipasi inilah yang membuat seri YouTube ini cocok dengan semangat Halloween. Seperti John Carpenter yang membuat karakter Michael Myers untuk Halloween-nya, seri Horror Haiku juga punya karakter pembunuh khas bernama Jack Face di beberapa episode. Silakan klik langsung judulnya untuk menonton.