Minggu, 28 Agustus 2016

Centigrade


Tahun rilis: 2007
Sutradara: Colin Cunningham
Bintang: Colin Cunningham, Daniel Brodsky

Lagi-lagi review film pendek keren hasil temuan 'tanpa sengaja!' Film yang nyaris tanpa dialog kecuali di bagian awalnya ini (kecuali kalau teriakan bisa dianggap dialog) ditulis dan diperankan oleh Colin Cunningham, dan dipertunjukkan untuk pertama kalinya pada tahun 2007 di Montréal Film Festival. Film indie ini menyabet banyak penghargaan pada tahun 2008, antara lain Best Narrative Short Film di Cinequest Film Festival, Leo Award untuk beberapa nominasi sekaligus seperti Best Short Drama, Best Make Up for Short Drama, Overall Sound in Short Drama dan Best Direction in a Short Drama, serta Method Fest Independent Film Festival Award untuk Best Actor in A Short Film. 


Colin Cunningham berperan sebagai pria kasar yang tinggal bersama putranya di dalam sebuah trailer kumuh berantakan. Ia digambarkan sering bersikap kasar dan memukul putranya, dan ketika suatu malam ia mabuk serta melampiaskan emosi pada putranya, sang bocah meloloskan diri dan lari dari trailernya. Sang pria yang mabuk pun terjatuh dan tertidur di lantai. Ketika ia terbangun, ternyata trailernya sudah disambungkan ke sebuah mobil truk hitam yang kemudian menarik trailernya di jalan di tengah area gurun yang panas dan sepi.

Sang pria berusaha melepaskan diri, namun si pemilik truk ternyata sudah membuat trailernya kedap udara, mengunci semua pintu dan jendela, serta mengganti kaca jendelanya dengan kaca tebal yang tak mempan dipecah. Sang pria berusaha sia-sia melepaskan diri, dan beberapa kali mencoba menarik perhatian pengendara mobil lain, namun gagal. Sang pengemudi truk ternyata juga sudah mematikan aliran air sehingga sang pria tak berdaya. Ia pun hanya bisa pasrah diseret entah kemana, dalam trailer yang semakin lama semakin panas di bawah matahari gurun, tanpa makanan dan minuman, hingga akhirnya truk itu berhenti di suatu tempat yang tak terduga.

Film berbujet $20,000 ini punya nuansa yang mirip-mirip gaya bertutur serial Twilight Zone; bukan jenis misteri seperti misteri yang menandakan ada hantu atau semacamnya yang siap melompat mengagetkan dari sudut ruangan, melainkan jenis misteri yang tak punya penjelasan namun 'menghentak' cara pandang kita akan dunia sekitar yang kita pikir mungkin kita pahami. Sama juga seperti Duel-nya Stephen King, dimana seorang salesman bermobil yang nampaknya biasa-biasa saja tiba-tiba dipaksa berhadapan dengan truk misterius dalam duel balapan maut, kita juga dipaksa untuk masuk dalam ketidaktahuan dan ketidakberdayaan karakter film ini. Kita tidak tahu siapa pengemudi truk itu, tak tahu apakah ia pria atau wanita, dan tak ada penjelasan mengapa ia melakukannya. Dan ketika akhirnya kita paham, sudah terlambat.

Saran saya: nonton film ini jangan disambi, dan jangan di-skip (cuma 17 menit). Ini bukan tipe film yang sedikit-sedikit mengumbar kekagetan; ini adalah film yang misterinya membuat kita tak berdaya, sampai ketika kita tiba di akhir film dan kengerian itu perlahan-lahan meresap bersamaan dengan sadarnya si karakter utama tentang apa yang telah terjadi, namun sudah terlambat.

Tanpa basa-basi, silahkan tonton filmnya di sini.